Manfaat Ikan Shisamo, Kaya Protein dan Cocok untuk Diet

Manfaat Ikan Shisamo, Kaya Protein dan Cocok untuk Diet

Ada banyak manfaat ikan shisamo. Ikan ini berasal dari Jepang yang kini sudah didistribusikan ke seluruh dunia dan mudah ditemukan, khususnya di Indonesia. Ikan shisamo juga dikenal dengan sebutan ikan telur.
Secara umum, ikan dikenal sebagai sumber protein hewani yang berkualitas tinggi dan rendah lemak. Ikan juga mengandung omega 3 yang baik bagi otak, terutama bagi anak-anak.
Berbagai jenis ikan pun dipercaya sebagai sumber nutrisi bagi masa pertumbuhan. Lalu, apa saja manfaat makan ikan shisamo?
Mengenal Ikan Shisamo
Nama latin dari ikan shisamo atau shishamo adalah Spirinchus lanceolatus. Shisamo juga dikenal dengan nama capelin atau ikan telur. Shisamo rajin bermigrasi dan banyak ditemukan di Samudera Pasifik bagian Barat Laut, Tenggara Hokkaido, Jepang.
Ikan ini banyak dipanen saat musim gugur di Hokkaido, Jepang, karena memiliki cita rasa terbaik di waktu tersebut. Saat musim gugur, shisamo mengandung banyak telur ikan atau roe, sehingga memiliki rasa yang lebih lezat.
       
Shisamo biasanya disajikan dengan cara dipanggang atau digoreng. Selain itu, shisamo juga dijual dengan keadaan setengah kering untuk membuatnya tetap awet setelah dikemas dan diimpor ke negara-negara lain.

Manfaat Ikan Shisamo

Seperti ikan pada umumnya, shisamo mengandung banyak gizi, seperti protein dan omega 3. Berikut ini adalah manfaat ikan shisamo untuk kesehatan:

1. Memiliki Banyak Kandungan Gizi

Ikan shisamo kaya akan fosfor, selenium, vitamin B12, mangan, dan asam lemak omega 3, dan juga memiliki kadar copper, zinc, magnesium, dan kalsium yang cukup tinggi.
Selain itu, ikan shisamo juga mengandung vitamin B dan protein dalam jumlah besar, hampir 30% dari kebutuhan harian manusia dalam porsi 3 ons.

2. Cocok untuk Diet

Di antara banyaknya gizi, ikan shisamo juga memiliki kelebihan, yaitu tingkat kalori dan lemak jenuh yang rendah. Kandungan ini membuat ikan shisamo cocok untuk asupan protein selama diet.

3. Sumber Energi

Seperti yang disinggung di atas, shisamo mengandung banyak fosfor di setiap ekornya. Fosfor sendiri adalah mineral yang merupakan elemen penting dalam mengubah nutrisi menjadi energi.
Satu porsi ikan shisamo mengandung sekitar 20% dari kebutuhan harian mineral fosfor. Kandungan ini dapat membantu perubahan nutrisi menjadi energi jadi lebih optimal.

4. Menjaga Kadar Kolesterol

Ikan shisamo memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi timbunan plak di arteri.

5. Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Kandungan asam amino dalam protein dapat membantu produksi jaringan otot, sekaligus membantu mempercepat metabolisme. Untuk itu, ikan shisamo cocok sebagai sumber protein bagi anak.
Itulah manfaat ikan shisamo yang memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh. Bagi yang sedang menjalani program diet, maka bisa mengonsumsi ikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *