Daging Saikoro Bagian Apa? Ini Penjelasan dan Cara Mengolahnya

Daging Saikoro Bagian Apa? Ini Penjelasan dan Cara Mengolahnya

Saikoro merupakan jenis daging sapi yang jadi favorit banyak orang karena keempukan dan kelezatannya. Namun, masih banyak yang belum tahu saikoro daging bagian apa dan bingung bagaimana cara mengolahnya.
Sebenarnya, saikoro merupakan bagian daging sapi yang sudah dipotong dadu kecil dan dibumbui. Saikoro dijual dalam bentuk kemasan sehingga pembeli tinggal menambahkan bumbu sesuai selera dan memanggangnya seperti memasak steak.
Meski membeli saikoro kemasan lebih praktis, sebagian orang ingin memasaknya dari awal dengan memanfaatkan daging sapi yang ia punya. Karena itu, penting untuk mengetahui saikoro daging bagian apa agar tidak salah mengolahnya.
Bagi yang ingin membuatnya sendiri, berikut penjelasan tentang daging saikoro dan cara mengolahnya yang benar agar hasilnya empuk dan lezat.

Saikoro Daging Bagian Apa?

Saikoro steak adalah hidangan izakaya yang populer di Jepang. Izakaya sendiri merupakan sebutan untuk restoran bernuansa Jepang yang mengusung konsep seperti pub, di mana pengunjung dapat makan dan minum-minum santai bersama teman-temannya.
Mengutip laman Meat Depot, saikoro diambil dari daging tenderloin atau daging has dalam, yaitu daging bagian tengah badan yang terletak di bagian tulang belakang, bahu, dan tulang panggul. Daging bagian ini sangat lunak karena berlemak dan otot-ototnya jarang digunakan untuk beraktivitas.
Dalam bahasa Jepang, saikoro berarti dadu. Sama seperti artinya, bagian daging tenderloin yang sudah diambil untuk dijadikan saikoro akan dipotong dadu. Biasanya, daging sudah dibumbui dengan garam dan merica lalu dikemas dan dipasarkan.
Saikoro memiliki tekstur daging yang empuk, lembut, dan lumer di mulut sehingga cocok dimasak menjadi steak dengan aneka saus sebagai pelengkapnya. Bentuknya yang berupa dadu membuat saikoro mudah dimakan tanpa perlu memotong-motongnya lagi.

Cara Mengolah Saikoro

Karena sudah dibumbui, daging saikoro tidak perlu ditambah bumbu apa-apa lagi. Anda tinggal memanggangnya di atas teflon atau wajan hingga mencapai tingkat kematangan yang pas. Agar terasa lebih lezat, saikoro biasanya dihidangkan dengan aneka saus sebagai pelengkap.
Nah, bagi yang ingin memasaknya dari daging tenderloin, berikut resep saikoro steak tenderloin
  • Pertama-tama, siapkan saikoro dengan memangkas lemak dan tendon dari tenderloin, lalu potong dadu berukuran 2-3 cm. Bumbui saikoro dengan garam dan merica secukupnya, Letakkan di atas tisu untuk menghilangkan kelebihan air.
  • Siapkan lobak putih untuk hiasan dengan memotongnya sepanjang 4 cm dan parut halus. Tiriskan kelebihan cairan dan sisihkan.
  • Dalam wajan atau teflon, panaskan minyak dengan api sedang. Tambahkan bawang putih dan tumis sampai berwarna kecokelatan dan renyah. Angkat lalu tiriskan di atas tisu untuk menyerap minyak yang berlebih.
  • Dengan menggunakan sisa minyak bawang putih, panaskan wajan dengan api besar sampai mulai berasap. Masukkan saikoro ke dalam wajan dan masak selama sekitar satu menit hingga kecokelatan. Balik steak dan lanjutkan memasak sampai sisi lainnya berwarna kecokelatan.
  • Setelah kematangannya sesuai yang diinginkan, angkat saikoro dan pindahkan ke piring saji. Taburi dengan irisan bawang putih, parutan lobak, dan irisan daun bawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *