Cara Memasak Ikan Shisamo, Ikan Telur yang Lezat

Cara Memasak Ikan Shisamo, Ikan Telur yang Lezat

Ikan shisamo atau bisa juga disebut ikan telur ini adalah spesies ikan kecil yang sangat populer di Jepang. Untuk bisa menikmati ikan ini. Hal ini karena ikan shisamo hampir tidak memiliki daging, mengingat ukurannya yang kecil dan hampir tidak ada tulang yang keras, seakan badan ikan ini hanya berisi telur.

Ikan yang memiliki nama latin spirinchus lanceolatus ini mengandung protein yang tinggi. Meskipun kecil, ikan telur ini memiliki jumlah kandungan lemak omega-3, yang mana baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, ikan shisamo juga kaya akan vitamin B12 yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan sistem saraf. Ikan yang juga disebut ikan capelin ini umumnya mengandung kolesterol yang rendah, sehingga cocok diknsumsi bagi penderita kolesterol.

Ikan shisamo memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang unik. Untuk menikmati ikan shisamo, Anda bisa mencocolnya dengan saus sesuai selera. Misalnya, dengan saus tsuyu yang ringan atau saus ala tempura agar rasa telurnya masih tetap terasa.

Selain rasanya yang lezat, ikan shisamo juga memiliki banyak kandungan gizi

berikut adalah tips memasak ikan shisamo yang enak dan praktis

1. Ikan Shisamo Goreng Saus Dashi

Cuci bersih ikan shisamo, lalu keringkan.Campurkan tepung dan garam dalam mangkuk.Masukkan dashi, mirin, kecap asin, dan gula dalam panci kecil, lalu aduk rata. Selanjutnya, panaskan dengan api sedang hingga mendidih dan aduk terus hingga gula larut. Biiarkan dingin dan sisihkan.

Panaskan minyak dalam wajan (wok) hingga mencapai suhu 180 derajat Celcius. Sediakan piring yang dilapisi dengan tisu dapur, serta saus pencelup di dekatnya.Balur setiap ikan dengan tipis dalam campuran tepung dan garam, lalu goyangkan agar kelebihan tepung terlepas.Goreng dalam minyak panas selama 2 hingga 3 menit, sampai kulit ikan berwarna keemasan.

Letakkan ikan yang sudah digoreng di atas tisu dapur untuk menyerap minyak, lalu makan segera dengan saus dan irisan lemon.

2. Ikan Shisamo Goreng Krispi

Salah satu cara menikmati ikan shisamo yang paling populer adalah dengan menggorengnya menjadi ikan krispi.Masukkan ikan ke dalam mangkuk dan bumbui dengan garam, gula, garlic powder, lada putih, five spice powder, dan tepung maizena.Aduk perlahan dan sisihkan untuk dimarinasi. Sementara itu, siapkan adonan tepungnya.

Campurkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, telur, air ke dalam mangkuk, serta tambahkan cube es batu untuk menjaganya tetap dingin.Panaskan minyak dalam panci hingga mencapai suhu 180 derajat Celcius.Celupkan ikan yang telah dimarinasi tadi ke dalam adonan tepung, lalu goreng ke dalam minyak selama 2 menit.

Angkat ikan, diamkan sejenak, kemudian goreng sekali lagi selama 2 menit hingga berwarna keemasan,Setelah diangkat dari panci, letakkan ikan pada piring dan taburkan sedikit togarashi.

Ikan shisamo goreng krispi siap untuk dinikmati.

3. Ikan Shisamo Goreng Jeruk Nipis

Cuci bersih ikan shisamo, lalu keringkan.Berikan perasan jeruk nipis pada ikan shisamo, lalu tambahkan garam dan kaldu halawa secukupnya. Selanjutnya, diamkan selama 10 menit.

Panaskan wajan dengan sedikit minyak. Panggang ikan shisamo hingga sisi wajan kecoklatan, lalu balik ikannya.Angakat ikan jika sudah matang merata.Ikan shisamo siap untuk disajikan.

Itulah beberapa cara memasak ikan shisamo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *