Cara Merebus Iga Sapi Agar Cepat Empuk

Cara Merebus Iga Sapi Agar Cepat Empuk

Daging di sekitar tulang iga sapi biasanya punya lemak yang cukup tebal, sehingga teksturnya empuk dan gurih. Hal ini lantas membuat iga sapi sering dijadikan berbagai macam olahan. Misalnya jadi sup iga, iga sapi bumbu kari, asam-asam iga, hingga pindang iga.Namun di balik rasanya yang enak, mengolah iga sapi pada dasarnya cukup menantang bagi sebagian orang. Bukan tanpa alasan, daging serat daging iga cenderung lebih kenyal dibanding potongan daging lain. Oleh karena itu, daging iga rawan alot atau keras saat tidak dimasak dengan benar.

Memang perlu penanganan khusus untuk memasak iga. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan memasaknya dengan panci presto. Desain khusus panci presto ini bisa mengempukkan daging iga yang kenyal dalam waktu singkat.Tapi jika tidak memiliki panci presto, anda tetap bisa mengolah iga sapi di rumah. Cara memasak iga adalah dengan merebusnya di panci. Tak perlu panci khusus, anda bisa menggunakan panci biasa yang sudah ada di dapur.

Menyiapkan iga sapi yang sudah dipotong dan dicuci bersih. Setelah itu, siapkan juga air di dalam panci dan didihkan. Jika airnya sudah mendidih, masukkan iga sapi.”Pastikan iga sapinya terendam dengan air.  Tutup panci dan rebus sampai 5 menit, terhitung setelah air kembali mendidih.

Selama proses memasak iga sapi, tutup panci tidak boleh dibuka agar proses perebusan bisa maksimal. Nah, jika sudah 5 menit, matikan api dan diamkan 30 menit dalam kondisi panci masih tertutup. Setelah didiamkan, nyalakan lagi api kompor. Lalu rebus selama 7 menit, terhitung setelah air mendidih. Jika sudah direbus, matikan api dan diamkan kembali selama 20 menit.

Dalam proses ini, tutup panci harus benar-benar rapat.”Pastikan tutup panci tertutup rapat agar iga sapinya benar-benar empuk dan tidak alot, juga bisa lepas dari tulangnya, iga sapi yang sudah didiamkan ini bisa langsung diangkat dan tiriskan. Daging iga benar-benar empuk dan mudah terlepas dari tulangnya. Dengan begitu, iga sapi bisa langsung diolah kembali dengan berbagai macam bumbu. Dijamin enak dan lembut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *