Tips Memasak Sup Buntut Sapi yang Empuk dan Gurih

Musim hujan seperti ini memang paling nikmat menyantap aneka olahan berkuah nan gurih. Salah satunya yang bisa anda buat sendiri di rumah adalah sup buntut. Makanan dengan bahan utama daging buntut sapi itu memiliki keistimewaan karena kuahnya yang hangat, gurih kaldu sapi, dan kaya rempah. Biasanya sup ini diberi tambahan potongan kentang, wortel dan seledri agar semakin lengkap gizinya ketika disantap.
Namun tak semua orang bisa mengolah buntut sapi dengan tepat, lho. Karena memang daging yang menempel dengan tulang buntut sapi ini membutuhkan teknik pengolahan khusus agar dagingnya empuk. Salah mengolah daging buntut bisa-bisa jadi keras dan sulit untuk dikunyah.
Berikut langkah langkah memasak sop buntut sapi
Pilih daging dengan kualitas terbaik
Mengolah daging buntut sapi tergantung kualitas dagingnya. “Memasak buntut tidak hanya dilihat dari berapa lama merebus dagingnya melainkan juga kualitas bahannya. Sehingga menjadi perlu untuk membeli bahan masakan sendiri agar kualitasnya terjaga.
Selain itu, ketika memasak sup buntut haruslah sabar karena kita perlu selalu mengecek dan mencoba dagingnya agar tingkat kematangannya sesuai yang diinginkan.
Anda juga bisa menyiasatinya dengan merebus daging buntut terlebih dahulu selama 10-15 menit lalu buang airnya. Setelahnya, rebus kembali di dalam panci berisi air mendidih yang sudah dicampur rempah-rempah seperti kayu manis, cengkih, biji pala, dan bawang putih hingga terasa empuk.
Daging harus segar
Menggunakan bahan segar dan baru memang menjadi syarat utama dalam berbagai jenis masakan termasuk ketika membuat sup buntut. Ketika membeli bahan pilihlah daging yang fresh agar ketika dimasak daging terasa lezat dan tidak bau amis. Khusus buntut sapi disarankan untuk memilih bagian yang bagus dimana rasio daging, tulang, dan urat terbaik ada di bagian tersebut.
Tumis bumbu kering terlebih dahulu
Bukan hanya pemilihan bahan daging buntut saja yang perlu diperhatikan namun juga saat menumis bumbu. Rempah-rempah kering sebaiknya ditumis terlebih dahulu agar harum dan kandungan minyak alami dari bumbunya keluar secara natural. Baru kemudian bumbu kering diblender bersama bumbu basah lainnya.
Bagaimana mudah bukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *